-->

Jumat, 23 September 2011

PUYAN : "Bukan (Cinta) Main-Main" Part 4



Puyan: "Bukan (Cinta) Main-Main" part 4 

 




 (Sori nih, agak lama baru posting, soalnya modem di rumah udah habis pulsanya, jadi terpaksa ngungsi ke warnet-warnet terdekat. Tapi yang pasti Puyan tetep lanjut dong, buat kamu yang udah pada nungguin sambungan Puyan : “Bukan (Cinta) main-main” nih, Dhika postingin part 4-nya, pelototin terus ya, buat yang belum baca part-part dan episode-episode sebelumnya, yuk baca dulu, biar gak bingung..)

**




Sore itu seperti yang telah dijanjikan, Puyan dan Astri buka puasa bareng di sebuah restoran makanan cepat saji. Sambil nunggu buka puasa, Puyan sebenernya udah berniat buat curhat masalah ia dan Prisia sama Astri. Tapi boro-boro ia cerita, yang ada Astri malah curhat duluan masalah keluarganya yang amburadul ketika ortunya cerai, terus juga ia cerita teman-temannya yang ada di Bandung dan teman-teman baru kampusnya di Palangka Raya, sampe ke masalah asmara.
Astri cerita kalo dia sempet dua kali pacaran, pertama waktu kelas satu SMA, terus putus karena cowoknya tersebut pindah studi ke Belanda, dan Astri bukan tipe cewek yang hobi buat LDR (Long Distance Relationship). Terus yang kedua, ia pacaran pas baru naik kelas 3 SMA, tapi Cuma beberapa bulan, habis itu putus, karena cowoknya tersebut ada hubungan terlarang sama temennya sampe tu cewek mengandung anak cowoknya itu. Karena itulah Astri susah buat pacaran lagi, padahal ada banyak cowok yang berusaha macarin dia, bukannya Astri trauma, ia cuman mau selektif, biar gak sakit hati lagi. Pas cerita tentang cowok keduanya ini, mata Astri berkaca-kaca, karena ia memang pake kacamata minus, hehehehe, tapi beneran, Astri bener-bener sedih kalo ingat masalah itu.



Melihat itu, Puyan jadi gak enak kalo ngomongin masalahnya sama Prisia ke Astri. Ia gak nyangka Astri yang sahabat mainnya waktu kecil ternyata udah mengalami hal-hal yang bener-bener gak enak. Ia juga gak tega ngeliat Astri sedih gitu, ia pengen nyanderin kepala Astri ke bahunya, tapi ia ingat ini bulan puasa dan ia gak mau Astri salah kira, Puyan emang masih ngarepin Prisia, ia betul-betul menjaga hatinya buat Prisia. Untungnya adzan magrib telah tiba, setidaknya perhatian mereka untuk sejenak teralihkan pada menu buka puasa yang telah menghadang di meja mereka.

Tak ingin membuat Astri bercerita tentang masa lalu pahitnya lagi, sambil buka puasa, Puyan mengajak Astri mengingat masa lalu mereka saat masih pada kecil, Puyan saat itu masih kelas 4 SD, sedangkan Astri kelas 6, mereka suka nangkap kupu-kupu. Puyan nangkap satu ekor, Astri nangkap satu, terus kupu-kupu tersebut mereka ajak ngomong habis itu dilepas lagi. Terus mereka main boneka-bonekaan, biasanya Puyan bawa boneka Ultraman favoritnya, sementara Astri suka gendong boneka Sailermoon-nya.

Pokoknya mereka malam itu seru-seruan nostalgia, sampe gak kerasa udah mau isya, Astri sebenernya mau ngajak Puyan taraweh bareng, tapi ia gak bawa mukena, jadi mereka langsung pulang. Puyan mengantarkan Astri dengan mobil Honda jazz hijau metalik mbaknya. Setelah itu ia sendiri langsung pulang ke rumahnya. Ada rasa nyaman dan bahagia banget saat ia bersama Astri tadi, ada ketenangan yang terpancar saat Puyan ngeliat senyum dan tawa ceria Astri. Tapi ia gak mau mikir macam-macam. Baginya Prisia adalah yang nomor satu, bukan cewek lain.

**

Sementara itu usaha temen-temen Puyan buat bikin Prisia deket lagi sama Puyan kayaknya gak menemui hambatan yang berarti, mereka dengan segala kesongongan mereka ternyata punya insiatif yang bisa dibanggakan, secara bergantian dan rolling, mereka tiap hari mencoba membongkar sisi sensitif Prisia agar ia merasa bahwa Puyan adalah cowok yang paling bikin ia tenang.
Tapi tentu saja ada-ada aja kelakuan mereka saat melakukan hal tersebut. Kalo Wawan yang melakukan pendekatan dengan grogi. Beda halnya dengan Ivan yang lihai merangkai kata-kata untuk membujuk Prisia.

“Kau tau, aku dulu punya sEsEorang yang bErharga kali buat aku..” ucap Ivan.

“Oh, ya?” kata Prisia.

“Ya, dia itu kalau ibarat tokoh tErkEnal, sEpErti bung Karno..”

“Kok Bung Karno?” Tanya Prisia heran.

“Ya karEna Bung Karno itu punya kata-kata yang bisa mEmbuat kita nyaman, bisa mEnEnangkan rakyat. sEperti itu pula sEsEorang yang aku maksud tadi, dia mampu mEmbuat aku tEnang dan nyaman saat bErsama dia..”

“Terus? Dia dimana sekarang?” Tanya Prisia mulai tertarik.

“Ah, kau mEnanyakan hal yang sulit, Prisia. sEbEnarnya ia tak pErnah bisa kumiliki, karEna ia tElah dimiliki orang lain…”

“Oh, Sori, Van, gue gak bermaksud…”

“Tak apa, Pris..”potong Ivan dengan nada sendu,”justru itu yang mEmbuat aku bElajar agar bisa mEnjaga apa yang bErarti buat aku. karEna kita itu akan mErasa sEsuati itu bErharga baru pada saat kita kEhilangannya, kalau kata Letto rasa kEhilangan itu hanya aka nada jika kau pErnah mErasa mEmilikinya…”

Prisia tercenung, ada rasa aneh yang sepertinya menggumpal dalam hatinya, ia perlahan teringat Puyan, walaupun sebenarnya ia tak yakin dengan itu.

Pas giliran Zaki.

“Prisia, kamu pernah denger musik gamelan?”

Prisia mengannguk, “Pernah sih, tapi gak pernah lihat langsung..kenapa, Zak?”

“aku ingat Puyan, Pris, soalnya dia itu khan suka denger lagu korea..”
Prisia heran, kok Puyan disama-samain sama gamelan, harusnya Puyan itu disamain sama angklung,

“lho hubungannya apa Puyan sama gamelan?”

“Aku pernah ngajarin dia main gamelan..”

“Oh, ya?”

“Iya, Pris. Tapi yang ada dia ndak bisa-bisa, orang gamelan itu dipukul ia malah mencet, dia pikir gamelan itu piano..”

Prisia terawa manis. “Dia lucu, ya?”

“Ho’oh, Pris. Kalo ndak ada dia itu ndak rame, ada saja kelakuan dia yang bikin aku kangen. Tapi akhir-akhir ini dia agak diem, kamu tau ndak kenapa, Pris? Kamu khan temen deketnya dia?”

Prisia terdiam sejenak. Puyan emang beda akhir-akhir ini, dia agak pendiam. Prisia menyadari hubungannya sama Puyan memang agak jauh sekarang terutama setelah kehadiran fadil. Tapi Prisia gak mau terbawa perasaannya, ia berusaha terlihat tak terjadi apa-apa.

“Oh, gue udah jarang ketemu dia, Zak. Oh, ia, gue mau ke perpus ya, soalnya mau balikin buku, nih..”

Prisia langsung bangkit dan meninggalkan Zaki. Lagi-lagi ia memikirkan Puyan.

Lalu Bayu.

“Pris, lu tau gak, kalo misalnya lu itu disandingin sama seluruh cewek SMATIPERPAT ini, elu yang paling cantik..”

“Elu bisa aja, Yu..”

“Emang bisa, ngomong-ngomong bokap lu petani ya, Pris?”

“Waktu kecil bokap gue emang pernah kerja di sawah kakek gue di aceh, emang kenapa?”

“Pantes, soalnya elu udah nanam bibit-bibit cinta di hati Puyan, eh, maksud gue di hati gue, Pris..”

Prisia tertawa hambar, “Ih, gombal! Tapi kok malah larinya ke Puyan sih?”

“Khan tadi salah ngomong, Pris..”

Prisia manggut-manggut sambul baca buku.

“Ngomong-ngomong elu udah punya pacar belum, Pris?”

“Kenapa, Lu?” Tanya Prisia tersenyum, “Sori, Yu, gue udah hapal gombalan lu, gak bakal mempan..”
Prisia tertawa.

“Oh, iya, elu khan deket sama Puyan ya, masa iya gue ngincer cewek sahabat gue sendiri” kata Bayu dengan nada dibuat-buat sambil nepuk idung,”ngomong-ngomong Puyan biasanya ngegombalin elu gimana, sih? Gue pinjem kata-katanya boleh, gak?”

Prisia langsung kepikiran Puyan, ia bener-bener jadi gak enak.

“Yu, gue duluan ke kelas ya, ada tugas nih..” kata Prisia sambil meninggalkan Bayu.

Lagi-lagi wajah Puyan seperti berkelebat di depan wajah Prisia.

Kemudian Tama.

“Prisia…”

“Kenapa, Tam?”

“Anu…”

Prisia menatap Tama heran. “Ada apa, sih?”

“Gue…”

“Bilang aja, Tam…”

“Aduh…”

“Aduh kenapa?”

“Aduh, gue..”

“Iya elu kenapa?”

“Gue lupa tadi mau ngomong apa…”

Prisia bener-bener heran.

“Bentar, ya? Jangan kemana-mana?” pinta Tama. Lalu ia setengah berlari menemui teman-temannya yang bersembunyi sambil memantau kerja Tama gak jauh dari tempat duduk Prisia. Setelah menemui teman-temannya, Tama lalu berbalik ke pada prisia.

“Oh, iya, gue udah ingat..” seru Tama.

“Apa?”

“Gue mau bikin elu deket lagi sama Puyan, gimana menurut lu?” tandas Tama tanpa tedeng aling-aling.

Prisia kayaknya gak nyaman sama topik ini, ia langsung meninggalkan Tama tanpa bilang apa-apa.
Setelah Prisia pergi, Wawan, Ivan, Zaki, Able dan Bayu langsung ngehajar Tama rame-rame.

Lalu yang terakhir, giliran Able.

“Lu bener mau ngajak gue ngobrol, Rief?” Tanya Prisia agak ragu. Ia memang lebih suka memanggil Able dengan nama aslinya, Syarief, ketimbang manggil Able.

Si dewa budeg cuman cengengesan.

“Kok ketawa?” Tanya Prisia.

“Bukan main..” gumam Able.

“Apanya?”

“Padahal gue belum nanya, elu udah main jawab aja..” sahut Able gak nyambung.

“Hah?” Prisia heran. Perasaan tadi dia gak jawab apa-apa.

“Ntar gue bilang ke Puyan kalo elu masih cinta sama dia..” kata Able lagi.

“maksudnya apa, sih, Rief?”

“Emang gitu, cinta itu harus diperjuangkan, iya, gak?”

Prisia tambah heran, “Gue gak ngerti elu ngomong apa?”

“Nah, gitu, dong. Kalo cinta itu jangan-jangan malu-malu. Lu pasangan yang serasi kok sama Puyan.”

Prisia bingung mesti bilang apa.

“Jadi kapan elu mau balikan lagi sama Puyan?” Tanya Able.

Prisia bener-bener gak tahan. Ia langsung meninggalkan Able dengan muka bingung bin heran bin sebel.

“Good luck, ya?” seru Able dengan yakin pada Prisia yang meninggalkannya.

“Beres, Coy!!” Able mengacungkan jempol pada teman-temannya yang memantau dan mendengarkan gak jauh dari situ.

“Habis lebaran kita bakar dia..” ucap Wawan lirih.

“Ho’oh” sahut teman-temannya kayak mau nangis.

**

Sementara itu Puyan makin deket dengan Astri. Mereka sering jalan, taraweh bareng, buka bareng. Bahkan nyokap Astri sempet ngundang Puyan sekeluarga buat buka puasa bareng. Begitu pula sebaliknya. Meski Puyan masih terus mikirin Prisia dan masih sering smsan,walaupun gak seaktif dulu, gak dapat dipungkiri kebersamaannya sama Astri menimbulkan suasana yang beda dan bikin dia lebih nyaman.

Seperti malam itu, kelar taraweh, Puyan dan Astri boncengan naik motor Puyan menuju toko buku. Astri emang pengen nyari buku novel favoritnya. Sedangkan Puyan asyik ngeliat-liat buku yang gambarnya bagus. Dulu Puyan emang punya obsesi buat jadi pelukis handal, ia suka banget ngegambar, tapi karena gambarnya yang lebih cocok buat jimat ngusir setan, jadi dengan sangat menyesal ia memupus obsesinya itu.

Setelah mendapatkan dan membeli buku yang dicari, mereka lalu makan nasi goring di sebuah depot. Mereka betul-betul akrab. Puyan bener-bener ngerasa nyaman, sifat Astri yang supel, lembut namun ceria betul-betul bikin Puyan ngerasa betah lama-lama sama dia. Begitu pula Astri, Puyan yang dulu ia kenal gak pernah berubah sampe saat ini, tetep ngaco, suka becanda, usilnya juga masih ada, tadi aja pas pulang taraweh, Puyan pura-pura ke toilet bentar, dan Astri nunggu di motor, tanpa sepengetahuan Astri Puyan udah naroh beberapa biji petasan kecil deket Astri nunggu itu. Alhasil Astri langsung kaget begitu petasan-petasan tersebut meleduk sahut-menyahut, walaupun gak begitu kenceng, tapi jantung Astri udah sampe kayak lari marathon saking kagetnya. Malah ia sempet sebel dan ngambek gitu Puyan dengan tanpa bersalah muncul sambil ketawa ngakak. Tapi Puyan memang cowok yang betul-betul istimewa di mata dan hati Astri, hanya dengan senyuman, beberapa kali ucapan maaf, dan usapan-usapan lembut tulus pada rambut Prisia, ia udah mampu bikin Prisia gak marah lagi, tentunya dengan sedikit sogokan traktiran nasi goreng.

Pas pulang apes, motor yang dibawa Puyan bannya bocor. Puyan langsung gak enak sama Astri.

“Aduh, bocor nih, aku jadi gak enak, kamu naik taksi, ya? Ntar aku carikan yang langsung nganter ke rumah kamu..” usul Puyan.

“Gak, gak usah, aku gak pa-pa, kok..”

“Tapi ini udah malam, Astri..”

“Yeee, alasan kamu gak logis, ah. Dari tadi khan emang malam.” Tolak Astri sambil tersenyum
geli.” Gini aja, gimana kalo aku ngebantu dorong sampe bengkel? Mumpung gratis, nih..”

“Gak usah, ntar apa kata orang?” tolak Puyan gak enak.

“Khan aku yang dorong, kok nyari kata orang, harusnya nyari kata aku, soalnya aku yang dorong”

“Kamu serius..?”Tanya Puyan takjub

“Udah jangan banyak nanya, dorong yuk?” ajak Astri bersemangat.

Puyan memandangi Astri takjub. Astri yang dipandangi kayak gitu jadi salting.

“Kamu kenapa, Yan?”

“Kok ada cewek kayak kamu, Ya?”

“Maksudnya aku makhluk langka, nih?”

“Bukan gitu. Maksudku, kamu itu beda, pantes aku ngerasain ini mulu saat ngeliat mata kamu. As, aku boleh ngomong sesuatu gak sama kamu?”

Astri deg-degan, ia bahagia campur resah. Entah apa artinya ini.

“Ngomong aja..” Kata Astri bergetar setengah mendesak.

“Kamu siapa, Ya?” tandas Puyan sambil menahan tawa.

Astri langsung sebel, ia kira Puyan akan mengutarakan sesuatu yang udah ia tunggu, tapi ia masih sempat tersenyum manja.

“Puyan Jeleekkk!!!” serunya manja.

Puyan tertawa renyah, begitu pula Astri.

Lalu mereka mendorong motor Puyan sambil mengembangkan senyum. Malam ini Astri bahagia banget. Begitu pula Puyan. Perlahan rasa hangat mulai menjalari hatinya. Ia tak tahu apa artinya itu.

**

Di tempat lain, Prisia yang sedang rebahan di kamarnya sedang kalut, ia memandangi fotonya dan Fadil saat mereka sedang buka puasa bareng tadi sore. Di foto tersebut dua-duanya tampak ceria. Lalu ia bergantian memandangi fotonya bersama Puyan saat liburan ke Kotabaru bareng anak-anak SMATIPERPAT beberapa bulan lalu, itulah adalah awal-awal kedekatannya dengan si biang jahil itu. Dalam hati ia merindukan kekonyolan Puyan, ia merindukan suara Puyan, ia merindukan si rambut korea yang bernama lengkap Purnawirayan Aditya Buana itu.

Dan sampai ia tertidur, salah satu foto tersebut masih berada lekat dalam pelukannya. Bukan fotonya berdua Puyan, melainkan fotonya bersama Fadil saat mereka berbuka puasa bareng tadi sore. Foto tersebut di dekapnya erat sambil tertidur. Sementara fotonya bersama Puyan tergeletak di sebelah sebuah boneka Garfield yang dihadiahkan Puyan saat ia ultah dua bulan lalu.
Dalam tidurnya ia justru bermimpi tentang Puyan. Ia bermimpi saat mereka pertama kali bertemu, saat Puyan dan teman-temannya berusaha ngebocorin ban motor satpam sekolah, dan saat itu Prisia melaporkan perbuatan Puyan ke pada guru BP, Puyan dan teman-temnannya dihukum. Saat teman-temannya ingin membalas Prisia, Puyan justru datang dan mencegah teman-temannya berlaku kasar pada Prisia. Saat itulah mereka bertemu pandang, lalu berjabat tangan.

“Aku Prisia..”

“Aku Puyan,dan kamu gak bakal bisa ngelupain aku setelah tangan kamu menjabat tanganku ini..”

Prisia tersenyum dalam tidurnya. Ia benar-benar bermimpi hal nyata yang pernah terjadi dalam hidupnya dan Puyan.

BERSAMBUNG….

**

Cerita Puyan makin dalem aja, ya?

Gimana nih, kelanjutan cinta Puyan sama Prisia?

Pasti bikin penasaran ya?

Biar gak penasaran, tungguin terus postingan serial Puyan :”Bukan (Cinta) Main-Main” part 5, dijamin tambah seru dan mantap deh.

thX buat temen-temen yang udah pada mampir dan komen di shoutbox dan postingan. Banyakin lagi komentarnya, ya, biar Dhika bisa terus memperbaiki serial ini terutama kolom komentar dipostingan. Oke?

Oke kita dapat kiriman email dari 3 orang pembaca serial Puyan, satu orang Palangka Raya, satu Bandung, satu lagi dari Aceh. (sengaja Dhika posting karena ada kesamaan karakter sama beberapa tokoh di serial Puyan)

Yang pertama dari temen kita yang punya nama Fahriannor dari Palembang





Assalamu’alaikum..
Wah, pertama kali baca serial Puyan episode Tawuran part 3, langsung suka. Ceritanya bagus, deket banget sama anak muda. Aku masih kelas 2 SMA nih di Palembang, sama kayak Puyan, sama-sama usil, Cuma bedanya, Puyan punya rambut ala boyband korea, rambutku gak, soalnya takut disanksi sekolah, hehehe.
Salut buat Dhika yang udah bisa mengemas serial ini jadi serial yang cocok dibaca, menghibur, gak lebay, dan punya nilai-nilai moral. Oh, iya, sekarang aku lagi suka sama episode yang baru ini yang tentang cinta-cintaan, aku lupa judulnya, mantap deh. Ternyata cowok sekonyol Puyan punya cerita asmara yang rumit juga, ya, asli walaupun masih ngaco gaya penceritaanya, aku bener-bener kayak masuk dalam dunia Puyan.
Oh, iya, karakter temen-temen Puyan itu diambil dari tokoh nyata, khan? aku paling suka tuh sama Able. Titip salam, ya. Saranku, tolong dialog temen-temennya dibanyakin, soalnya lucu dan kocak, deh. Itu dulu, ya.
Makasih.
Wassalamu’alaikum..


Yang kedua dari Anita Soraya asal Palangka Raya.
Halo, Dhika!!
Aku Anita Soraya nih dari Palangka Raya
Akhirnya kesampaian juga nih ngirim email ke Dhika,soalnya kemaren-kemaren sibuk kuliah. Jadi baru sekarang bisa ngirim. Terakhir kali aku baca serial Puyan itu yang tawuran part 2, habis itu, gak pernah lagi, soalnya sibuk sih(maklum mahasiswi baru). Tapi gitu mampir ke blog Dhika lagi udah baca postingan baru aja, tapi sumpah, ceritanya bagus, alurnya gak mudah ditebak. Kupikir ini episode yang paling keren deh.
Aku mau kasih saran nih, kalo bisa paragrafnya dirapiin, biar asyik gitu, oke?
Aku segini aja ngirimnya, pokoknya sukses deh buat Dhika, dan buat Puyan, aku berharap dia jadiannya sama Prisia, sih. Kalo Astri khan ketuaan, hehehehe.
Terima kasih, Dhika!!!


Yang terakhir dari Niken Sari dari Bandung.
  
   Apa kabar Puyan?
Salam kenal, nih, dari Niken Sari asal Bandung.
Wah, Puyan udah gede, ya, udah main pacaran aja, padahal rasanya baru aja aku baca yang episode pertama. Tau-tau Puyan udah pacaran aja. Selamat deh buat Prisia juga yang direbutin dua cowok sekaligus. Dhika, kalo bisa, cantumin juga dong foto Fadil atau Astri, khan biasanya para pemerannya itu dicantumin tuh, fotonya. Penasaran aja, apa mereka juga diambil dari karakter nyata.
Oh,iya. Kok Wawannya dikit, ya bagian dialognya, padahal aku suka, sama karakter Wawan itu. Selebihnya Puyan udah sip,lah. Tolong cepetin posting kelanjutan episode yang ini, ya? Soalnya penasaran nih, sapa yang bakal jadi pacar Puyan. Tama atau Able, eh, maksudku Prisia atau Astri, ketularan Puyan, hehehehehe.
Itu aja, deh, email lain ntar nyusul.
Nitip salam buat seluruh pembaca setai serial Puyan yang ada di Palangka Raya dan seluruh Indonesia, ya? Makasih, daaaaahhh..



Nah, kalo mau kayak temen-temen kita di atas silakan kirimkan komentar kamu ke :

Email: dhikapotter72@rocketmail.com

Facebook: Dhika Potter

Atau langsung ke blog ini.

Dhika ucapin terima kasih benget buat atensi temen-temen. Ditunggu part selanjutnya ya?

Caw!!

Bravo Produk Dalam Negeri!!!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar