-->

Senin, 25 Juli 2011

PUYAN Interview : Mengenal lebih dekat serial PUYAN



INTERVIEW DAN DINNER BARENG SI GADIS JILBAB MANIS



***

Hallo temen-temen..

Dhika mau cerita,nih..

Beberapa minggu lalu ada seorang mahasiswi yang entah kesambet apa,tiba-tiba ngirim email ke dhika,yang nanya kapan Dhika ada waktu buat ngobrol berdua sama dia. Kontan,sebagai cowok yang (ngerasa) ganteng,Dhika tentu saja geer,Dhika pikir mahasiswi ini adalah salah satu cewek khilaf yang jarang baca bismillah sebelum tidur sampai akhirnya mimpiin Dhika lagi pose bak david Beckham di iklan celana dalam pria-nya.

Pertama kali yang Dhika lakuin setelah baca email tersebut adalah baca Alhamdulillah 100 kali,setelah Dhika balas emailnya kalo Dhika bisa aja ngeluangin waktu buat ngobrol sama dia,karena emang waktu itu Dhika lagi libur kuliah ampe kelar lebaran idul fitri,terus Dhika tanya tujuan dia ngajak Dhika ngobrol berdua,ternyata dia ada tugas kuliah,semacam riset gitu,dan dia mau mewawancarai Dhika mengenai serial Puyan yang gak nyampe sebulan terbitnya udah dikunjungi lebih dari 450 pembaca,ia tertarik dengan serial itu.


Dan tentu saja Dhika surprise banget,kalo biasanya kerjaan Dhika mewawancarai orang,kali ini malah Dhika yang diwawancara. Dhika langsung menyanggupi,dan akhirnya kita bertukar nomor,dia ngasih no handphone-nya, sedangkan Dhika ngasih nomor celana dalam Dhika,,,hehehehe,gak ding,becanda..yang jelas Dhika dan Mahasiswi itu,yang bernama Ayu Tribuana Dewi,saling bertukar nomor handphone dan kita janjian ketemu setelah dia balik dari Jakarta nengok ortunya yang tinggal di sana.

Dan sehari setelah Ayu menengok ortunya di Jakarta,kita janjian ketemu buat wawancara di KFC Palangkaraya Mall (Sebenernya saat itu Dhika mau ngajak Wawan, Ivan,Tama,atau Zaki,buat nemenin Dhika diwawancara,tapi dari foto yang Ayu kirim ke email Dhika Ayu ini orangnya cakep,Dhika jadi gak tega ngajak 4 orang cecungur itu buat nemenin Dhika,ntar naluri Play Boy mereka keluar liat Ayu,Dhika jadi ada saingan,jadi Dhika gak ngasih tau mereka kalo Dhika mau diwawancara di mana dan kapan padahal beberapa jam sebelum ketemuan sama Ayu, Dhika dan keempat mangkok bubur di atas, asyik maen gaple, foto-foto, dan main PES di rumah Wawan,hehehehe…mungkin habis Dhika mosting ini Dhika bakal dibakar idup-idup ama mereka! )



Dhika dan Ayu janji ketemu jam 7 malam,dia yang nunggu Dhika,jam setengah tujuh Dhika berangkat,dan sepuluh menit sebelum jam 7 Dhika nyampe di TKP,di sana ternyata udah ada Ayu yang duduk sendiri di deket pagar KFC sambil ngutak atik notebook-nya,Dhika samperin bentar,sekedar salaman. Saat itu Ayu bener-bener ayu pisan,dia pake jilbab ijo zamrud,dan kaos warna putih,ditutupi jaket warna biru langit. Dhika tinggalin Ayu bentar buat mesen makanan sementara Ayu udah mesen duluan.
Setelah mesen,kita langsung mulai agenda wawancaranya.

AYU : Apa kabar Mas Dhika?

DHIKA : Alhamdulillah baik..

AYU : Manggilnya gimana nih?Mas atau Mas Dhika atau Dhika atau Puyan?

DHIKA : Dhika aja,deh..

AYU : Oke,Dhika,sejak kapan mulai nulis-nulis cerita?

DHIKA: Udah lama banget,Yu,mungkin dari TK..

AYU : Serius?Dari TK?

DHIKA : Iya,sih,soalnya sejak TK Dhika Alhamdulillah udah bisa baca tanpa ngeja (sombong)soalnya sebelon TK Dhika udah di ajarin baca pake komik nabi-nabi,sampe disuruh belajar baca Koran Banjarmasin Pos yang cerita Paluinya waktu itu.

AYU : Wah,hebat,ya. Ngomong-ngomong Dhika sendiri paling suka nulis apa sih?

DHIKA : Sebenernya kalo ditanya Dhika paling suka nulis apa,itu tergantung sikon sih,dulu waktu zaman Dhika baca cerita dongeng anak-anak,Dhika suka nulis dongeng,waktu baca cerita perjuangan,Dhika suka nulis kisah perjuangan juga,pas baca cerita Wiro Sableng,Dhika tiba-tiba rajin nulis cerita silat,bahkan Dhika juga pernah nulis diary yang isinya puisi-puisi dan cerita-cerita melankolis yang Dhika sendiri gak ngerti buat apa, gitu temen-temen cewek Dhika pada punya buka diary. intinya tulisan Dhika itu gak terpaku pada satu titik tema cerita tertentu,Dhika nulis karena Dhika punya imajinasi.

AYU : Filosofis banget jawabannya,oke sekarang kita ngebahas Puyan. Sebenarnya Puyan itu apa,sih?


DHIKA : Puyan itu serial, sejenis Doraemon, Conan, atau Naruto,cuman beda tema cerita aja, kalo Puyan ini ceritanya lebih ke kehidupan sehari-hari.

AYU : Katanya Puyan itu serial gokil,bener gak sih?

DHIKA : Wah,kalo itu dikembalikan lagi pada selera pembacanya, emang sih, Dhika nulisnya Puyan ini serial gokil,soalnya gaya penceritaannya yang agak komedi dan ngaco.

AYU : Bisa diceritain gak, sosok seorang Puyan itu dari kacamata seorang Dhika,yang pencipta karakternya Puyan?

DHIKA : Puyan itu nama aslinya Purnawirayan Buana, anak ke 3 dari 4 bersodara yang semuanya cewek, bokapnya itu kerja di perusahaan swasta yang lumayan gede,nyokapnya punya toko pakaian yang lumayan sukses, jadi Puyan ini termasuk anak orang yang berkecukupan. Dia itu anak kelas 2 SMA yang cuek, ngomong seenak jidat, suka ngaco, jahil, dan kreatif. Kalo fisikly, dia itu kurus, gak terlalu tinggi, gak juga pendek, anaknya lumayan manis, matanya tajem, dia juga penyiar radio. Dan yang bikin dia didemenin banyak cewek adalah karena dia itu kocak, saat susah tetep aja ngaconya minta ampun, dan dia popular di sekolahan. Dan yang namanya Puyan ini punya empat sahabat kental yang sering banget nongol di serial ini namanya Wawan, Ivan, Tama, dan Able.

AYU : Kalo kita liat foto atau deskripsi mengenai Puyan di blog, biasanya yang dipasang khan fotonya Dhika,itu kenapa? Apakah Puyan itu Dhika?

DHIKA : Ini hal yang paling sering ditanyain temen-temen pembaca Puyan sama Dhika, kenapa kok deskripsi Puyan itu pake foto Dhika? Apakah Puyan itu Dhika? Jujur, sebenernya karakter Puyan dulu bukan kayak sekarang, karakter Puyan dlu itu cool, cakep, dan jago basket, walaupun masih ada usilnya, nah Dhika sempet nawarin beberapa temen Dhika buat jadi tokoh Puyan ini, tapi ternyata susah bikin karakter tokoh utama dengan karakter yang belum terlalu Dhika fahami. Terus, Mbak Dhika ngasih saran, kenapa bukan Dhika aja yang jadi inti dari karakterisasi Puyan, lagian Dhika lebih mudah mengembangkan karakter Puyan ini, karena dia adalah karakter Dhika sendiri da otomatis Dhika tau gimana sifat asli Dhika.

AYU : Tapi maaf nih, sebelumnya,ya, apa ini berarti sebuah ekspresi kenarsisan seorang Dhika?

DHIKA : Hehehehe.. Dhika gak tahu pasti,tapi mungkin juga iya. Tapi yang jelas kita memang harus memerlukan kenarsisan kalo mau nulis tokoh yang karakternya adalah karakter kita. Semakin narsis kita, maka akan semakin kaya karakter yang kita tulis. Selain itu dengan bernarsis ria itu akan lebih memacu kita buat bikin cerita kita lebih punya rasa yang khas. Tapi kembali lagi ke bentuk narsisnya tadi, emang bener orangnya narsis atau cuman untuk cerita. Tapi yang lebih penting adalah gimana kita bergerak konstan dengan imajinasi kita agar karakter yang kita bikin itu lebih nyata. Gitu aja paling.

AYU : Sekarang masalah karakter pengisi cerita yang lain. Kenapa sih Dhika memakai temen-teman Dhika dalam dunia nyata untuk menjadi karakter temen-temen Puyan?dan apakah yang di serial itu memang karakter asli mereka?

DHIKA : Sebenernya pertanyaan ini gak cuman ditanya oleh Ayu doang, tapi juga ditanyain oleh para pembaca serial Puyan yang lain, bahkan juga ditanyain oleh karakter aslinya,kayak Wawan, Ivan, Tama, Able, Zaki, dan yang lainnya. Jawabannya adalah karena mereka sahabat-sahabat Dhika, Dhika tau karakter asli mereka, dan Dhika gak mau ngambil resiko dengan nyiptain banyak karakter baru yang takutnya malah bikin karakternya gak jelas. Selain itu, sahabat-sahabat Dhika ini gak bakal protes kalo bikin tingkah mereka aneh-aneh di serial Puyan, misalnya Zaki, yang gak protes walaupun nama bokapnya tercinta mesti dijadikan ilham gokil di serial skak mat boyband, juga Tama yang walaupun protes, masih bisa ketawa ngakak pas baca karakternya yang oonnya gak ketulungan. Justru hal itulah yang bikin pembaca makin deket dengan karakter idolanya.

AYU : Terus apa bener yang d serial itu karakter asli mereka?

DHIKA : hahahaha, ini yang biasanya yang jadi olok-olok kita kalo lagi ngumpul. Emang sebagian besar adalah karakter asli mereka, kayak Wawan yang orangnya dewasa, tapi agak emosian, Ivan yang cerdas dan playboy, Tama yang agak-agak telmi dan suka nganga, Able yang susah banget diajak ngobrol serius, atau Zaki yang jarang bisa marah. Tapi ada juga sih improvisasinya, kalo beneran kayak di serial mah, parah amat,ya. Satu biji aja udah bikin repot, apalagi ngumpul jadi lima atau lebih, mau jadi apa anak muda Indonesia, hehehehehe :)

AYU : Hahahahaha, di dua cerita awal Puyan, Puyan selalu ditemenin 4 sobat karibnya hamper dari awal cerita sampe kelar, dan pembagian dialog dan dari ceritanya pun gak keliatan kalo Puyan adalah karakter utama yang namanya dijadikan judul serial ini? Tapi dengan kondisi itu, apa yang bikin Dhika tetep make nama Puyan sebagai judul serial ini, bukan 5 sekawan atau yang judulnya gak mengacu pada satu individu doang ?

DHIKA : Emang sih, di beberapa awal cerita kesannya emang gak cocok sama nama serialnya. Tapi Puyan tetep punya porsi khusus dalam cerita, soalnya Dhika dah nyiapin banyak cerita yang cuman ngelibatin Puyan sendiri tanpa empat anak tuyul lainnya. Dan mereka yang lain juga punya cerita sendiri yang nanti bakal Dhika terbitin juga di blog, intinya disini karena karakter Puyan adalah karakter yang paling kuat dan yang paling kaya.
AYU : Pada prolog, Dhika sempet bilang kalo Dhika ngefans banget sama Lupus,bahkan Lupus pula yang bikin Dhika berpikir buat nulis serial ini? Seberapa jauh sih pengaruh serial Lupus dalam serial Puyan ini?

DHIKA : kalo ditanya ngefans atau gak, Dhika bakal jawab dengan yakin : ngefans banget. Lupus itu menurut Dhika adalah salah satu buku yang paling berkarakter, luar biasa,dan mampu membawa pembacanya seakan terlibat langsung dalam kejadian yang di ceritakannya seperti hanya serial Harry Potter. Tapi kalo ditanya seberapa jauh pengaruh serial Lupus dalam Serial Puayan ini, Dhika gak bisa jawab secara pasti, secara Lupus adalah serial remaja yang sarat komedi dan best sellernya sudah sangat di akui, dan sosok Lupus pun mau tidak mau harus di akui telah menjadi trend setter live style anak muda di zamannya bahkan sampe sekarang. dan sulit kalo kita bikin serial remaja yang sarat komedi kalo gak di bandingin atau dikaitkan sama serial Lupus.

AYU : Bener juga sih,ya. Tapi sekilas saya baca serial Puyan ini emang agak mirip gayanya sama Lupus, apakah Dhika setuju kalo serial Puyan ini disebut sebagai tiruan Lupus atau bahkan plagiat,karena sama-sama kelas 2 SMA,punya sahabat yang diambil dari karakter-karakter nyata,sama-sama popular,dan banyak kesamaan karakter antara Puyan dengan Lupus.

DHIKA : Seperti yang udah saya bilang tadi, kalo susah buat penulis cerita remaja komedi kalo gak dibandingin sama serial legendaries Lupus itu. Untuk serial Puyan sendiri, Dhika akui emang ada beberapa kesamaan yang sumpah berani di samber Meyda Shafira adalah bukan suatu kesengajaan. Ada filosofi dan alasan tersendiri mengapa serial Puyan kok terkesan mirip sama Lupus. Kalo karakter udah Dhika jelasin di atas, karena ya, emang kayak gitu karakter asli tokohnya, kalo kenapa mesti kelas 2 SMA? Pertama, karena SMA itu masa sekolah paling indah, dan kelas 2 itu kondisi paling seimbang diantara kelas 1 saat kita lagi masa transisi antara SMP dengan SMA, dan kelas 3 saat kita lagi stress-stresnya mikirin kelulusan.

AYU : Jadi, Dhika gak setuju kalo serial Puyan itu disebut plagiat serial Lupus atau seenggaknya Lupus baru dalam karakter berbeda dan zaman yang berbeda?

DHIKA : Hahaha, jujur kalo disbanding-bandingin sama serial Lupus sih,Dhika jelas bangga. Tapi kalo disebut plagiat, Dhika tentu nolak. Lupus dan Puyan punya banyak perbedaan. Dan sampai kapanpun, Lupus itu gak bakal ada penirunya, karena serial ini legendaris, punya kekuatan dan kekhasan cerita yang gak bakal ada yang bisa memplagiat. Bagi Dhika, Lupus itu cuman satu, yaitu yang dibikin Bang Hilman, kalo bukan dibikin Bang Hilman, berarti itu bukan Lupus, karena jiwa Lupus itu jiwanya Bang Hilman. Begitu pula dengan Puyan, Puyan itu Dhika.

AYU : Setuju,hehehehe. Nah, pertanyaan berikutnya. Dhika udah nyiapin berapa cerita buat serial Puyan ini?

DHIKA : Sebenernya ini pertanyaan apa motivasinya?

AYU : Dhika sendiri nganggapnya apa?

DHIKA : Kalo yang nanya cewek manis dan cakep kayak Ayu sih Dhika nganggapnya kayak ajakan nikah,hehehehe…

AYU : Ih,ngaco! Sama kayak Puyan,buruan atuh, jawab..

DHIKA : Oke,fokus, jadi gini…eits,sori, tadi apa pertanyaannya?

AYU : asli! Bener-bener Puyan banget, hehehehe..tadi pertanyaannya Dhika udah nyiapin berapa cerita buat serial Puyan ini?

DHIKA : udah lumayan banyak sih, soalnya Dhika udah punya sketsa abstraknya.

AYU : Nah, sekarang masalah cerita. Apakah cerita Puyan ini cuman berisi kegokilan Puyan dan teman-temanya, atau ada juga cerita lain seperti percintaan, ya yang sejenisnya lah, khan ini serial remaja.

DHIKA : Emang sih, warna ceritanya emang gak jauh dari dunia remaja, tapi serial ini juga cocok dibaca oleh semua kalangan umur, karena Dhika udah nyiapin berbagai judul untuk kelanjutan serial ini. Dan mengenai cerita cinta, tentu saja itu bakal ada, buat ngobatin rasa penasaran pembaca yang mau tahu, Puyan itu cerita asmaranya gimana, sih, yang pasti romantic dan gokil.

AYU : Oke, harapan Dhika untuk serial ini gimana? Atau berharap dibukukan dan menjadi best seller seperti blognya Radithya Dika?

PUYAN : Harapannya sih, moga banyak yang suka, banyak yang baca, banyak yang penasaran, banyak komentar yang masuk, soalnya kolom komentar di blognya sepi banget, biasanya banyak yg ngirim ke email Dhika aja. Kalo masalah dibukukan, mah, itu kejauhan, udah dibaca banyak orang aja, Dhika dah seneng banget, apalagi kalo sampe ada yang ngobrolin isi ceritanya di forum-forum kayak FB atau twitter, wah bangga banget, tuh.

AYU : Terakhir. Apa pesan Dhika buat para remaja yang lain.

DHIKA : GO ION (iklan Irfan bachdim)!!! Hehehehe, becanda, yang jelas buat
temen-temen yang lain, harus kreatif dan inovatif, dan mesti positif, jangan yang negatif. Kenapa Jepang dan Korea itu maju? Karena anak mudanya kreatif dan inovatif, anak TKnya aja udah bisa ngerakit radio, kita TK bikin layangan aja benjut-benjut! Pokoknya mesti kreatif, inovatif, dan terus belajar!!!

Akhirnya, wawancara berakhir. Dhika nyetop handphone buat ngerekam yang udah Dhika nyalain sedari tadi buat bikin catatan mengenai wawancara ini di blog.
Sembari nunggu Ayu yang lagi di toilet Dhika ngelanjutin ngemil yang belon juga habis, gara-gara sibuk jawab pertanyaan sang cewek manis berjilbab itu.

Beberapa menit kemudian Ayu kembali, kita sempet ngobrol lumayan lama, saling nanya kesibukan masing-masing. Dia juga sempet ngasih komentar tentang serial Puyan (nanti Dhika posting yang full komentar di blog). Dia juga nanya apakah hasil wawancara ini bakal diposting ke blog, Dhika jawab iya, dia cuman senyum.

Dhika sempet ngajak dia foto bareng buat diposting diblog,tapi dia nolak karena malu. Dia cuman ngasih foto terbarunya yang manis banget pake jilbab lewat sarana Bluetooth dan dia ngebolehin buat ngupload itu foto ke blog Dhika. Pas Dhika nanya apa fotonya boleh Dhika pelet, dia ketawa manis sambil nimpuk Dhika pake tisu.

Setelah ngobrol-ngobrol, kita mutusin buat pulang sekitar pukul Sembilan kurang 15 menit. Ternyata Ayu ini ke TKP tadi dianter adeknya, eh taunya pas pulang adeknya malah tiba-tiba sibuk di kampusnya, Dhika yang emang dari sononya punya sifat suka menolong cewek-cewek yang lemah (baca:cantik dan manis) langsung gak tega kalo misalkan Ayu pulang malem segini naek angkot, jadi Dhika nawarin diri nganterin ke kontrakannya, dan Alhamdulillah, dia gak nolak. Dhika akhirnya nganterin Ayu pulang ke kontrakannya di daerah sisingamangaraja. Sebelum pamit mau pulang habis nganterin Ayu , adeknya Ayu yang cowok yang tadi gak bisa jemput, ternyata udah ada di kontrakan sambil ngeliatin kami dengan senyum menggoda.

“Prikitew!!Punya gebetan penulis nih, cocok banget deh, pantes, Mbak Ayu dari tadi siang senyam-senyum mulu..”

Ayu tersipu sambil pura-pura marah dan nyuruh adeknya masuk. Dhika sendiri udah melayang banget, pengen rasanya ngasih duit gopek ke adek Ayu itu sambil bilang.

“Kalo bisa ntar godainnya lebih kenceng …”

Setelah berbasa-basi bentar Dhika akhirnya pamit.

Praktis selama di perjalanan Dhika cuman senyum sambil nyanyi kecil lagunya Michael Buble yang judulnya home. Gak ada harapan aneh yang muncul, selain harapan Dhika buat serial Puyan.

Oh,iya, sebelum senyum Ayu ngilang dari balik pintu kontrakannya, Dhika sempet ngucapin ini dalam hati.

“Kalo jodoh, gak bakal lari ke mana-mana…”

Masalahnya adalah Dhika gak tahu itu doa atau pantun.
***

3 komentar:

  1. knalin dong sama saya :P klo ga dikenalin dosa loh wkwkwwkkwk salam kenal sobat. jgn lupa knalin yah wkkwkkkw

    BalasHapus
  2. hehehehe,....
    bisa diatur..
    wani piro??

    BalasHapus
  3. Wuihhhh ampe. Lowbat. Mataku bc cerita ini......

    BalasHapus