-->

Kamis, 25 Agustus 2011

PUYAN : "Tawuran !!!" Part 3




(Buat kamu yang udah baca PUYAN : “Tawuran !!!” part 2, ini sambungannya. Buat kamu yang belum baca part sebelumnya, buruan, baca part sebelumnya, soalnya serial Puyan ini kayak kereta, gerbongnya nyambung-nyambung, semakin jauh, semakin panjang, eh, maksudnya semakin jauh, semakin seru…!!!)

Hari itu di sebuah SMA yang gak terlalu besar tapi juga gak terlalu kecil, gak terlalu rame tapi juga gak terlalu sepi, emang susah menjelaskannya, soalnya ini SMA adalah SMA yang paling gak, bisa sedikit mensejajarkan diri sama SMATIPERPAT sebagai salah satu, eh, salah dua, ding! SMA ter-abstrak se Palangka Raya. Soalnya prestasi jangan ditanya, SMA ini selalu juara lomba cerdas cermat antar SD!! (baca sekali lagi : antar SD) prestasi lain juga gak usah ditanya, puluhan tropi juga bertengger dengan angkuh di lemari kaca besar di kantor sekolah, mulai dari tropi cepekkan, tropi koboy, sampai tropi bunga!!! (yang artis, mantannya raffi ahmad), yupz!! SMA ini tak lain dan tak bukan adalah SMA Tiga Koma Tiga atau lebih akrab disebut SMATAMATA.



Dan pagi itu, tampak beberapa siswa SMATAMATA yang lagi asyik ngumpul di kantin sekolah.
“Lu pernah nyadarin gak, kalo sebenernya ternyata sekolahan kita ini dulunya bekas kebun Teh?” buka seorang siswa berambut jabrik.
“Masa, sih, Dos? Emang di kota kita ini bisa buat nanam teh? Perasaan kultur tanah kita gak cocok buat nanam teh, cocoknya buat nanam durian!” timpal salah seorang siswa di kantin tersebut yang agak mirip sama Tom Felton.
“nah di situlah keanehannya, padahal kultur dataran kita ini gak cocok buat nanam teh..” sahut siswa jabrik yang bernama Dodos tadi.
“Tapi gue sama sekali gak ngeliat keanehannya..” siswa yang lain ikut menimpali.
“Gue justru ngeliat,,” bantah Dodos, “tempat ini emang banyak kenehan yang terjadi, misalnya, gue yang udah dua tahun sekolah di sini tapi sampe sekarang masih jomblo, aneh, khan?”
“….”
Teman-temannya yang lain memandangi Dodos dengan heran.
“Eh, Die! Gue denger dari Natan, lu ngekos sekarang, iya, gak?” Tanya salah satu siswa yang matanya gede kayak bakso urat mencoba mengalihkan pembicaraan dari topik kejombloan Dodos yang intinya minta carikan cewek yang masih mempunyai rasa iba untuk menjadi pacar fosil berambut jabrik itu.
Ardie menyeruput sirupnya, “iya, habis, gue sering berantem sama kakak gue dikontrakan..”
“Berantem buat apa, Die?”
“Biasa, ngerebutin acara TV…”
“Berantem berebut acara TV sampe nyari kos-an..?”
“kebetulan ada temen gue yang ngekos deket situ, jadi ya, gue ngekos aja..”
“mending beli TV baru, Die..”
“Bukan solusi yang bijak, Sal, lu bayangin, kalo elu beli TV baru, sama aja elu malah meramaikan industry asing, khan TV kebanyakan bikinan Jepang ama Korea, pernah gak, lu nemuin TV yang tulisannya made in Sampit?atau made in Puruk Cahu? Nah beda halnya kalo lu ngekos, seenggaknya elu udah ikut membangun sistem ekonomi masyarakat pribumi..”
Temen-temennya manggut-manggut.
“Gue setuju sama Ardie..” timpal Dodos, “sama halnya dengan kebutuhan kita yang makin lama makin bergantung sama handphone, hp khan kebanyakan bikinan Jepang, Korea, atau Cina. Kenapa negeri kita sendiri gak nyoba bikin hape. Semisal Jepang punya Nokia, Korea punya Samsung, Cina punya Nexian, kenapa kita gak bisa punya hape bikinan sendiri bermerk Sri..!!”
“Kok mesti Sri, Dos?”
“Nah, itulah kekhasan Negara kita, gak ada di Negara lain orang namanya Sri, Sri itu sangat Indonesia, sangat mencerminkan keramahan nusantara..”
“Tumben lu ngomong bener, Dos..”
“Makanya banyak-banyak membaca, membaca itu jendela dunia,Coy! Oke, kembali ke materi kejombloan gue…”
“Aaaaaahhh…”
Temen-temennya pada lesu.
“Lho kenapa? Pada lesu?”
“Udah, cari topik lain aja..”
“Lho, ini khan topik yang paling bagus, membangun peradaban bangsa, coba lu bayangin, apa jadinya negeri ini kalo dibangun tanpa cinta, bakal morat-marit, yang terlantar makin terlantar, yang kaya makin gak inget sama yang miskin….”
“Apa jadinya kalo Negara ini isinya semua kayak makhluk-makhluk peradaban pra sejarah kayak elu, Dos!”
Dodos pengen membantah, namun seorang siswa kecil berambut pirang yang berteriak sambil berlari ke arahnya telah berhasil menahan ceplosan berikutnya dari Dodos.
“Woi!! Ada surat tantangan!!!”
Dodos dan teman-temannya saling berpandangan.
“Apa katanya?”
“Gue sih dengernya ada urat tangan..”
“Budeg lo! Katanya barusan ulat nyangkut di tangan!!”
“Elu berdua pada ngaco! Yang bener itu dia tadi bilang kalo ada surat rangsangan!!”
“surat rangsangan? Gimana bentuknya itu?”
“Ya surat yang ada bokepnya!!”
“Hus! Omongan lu!! Deket bulan puasa nih!”
“Astagfirullah…”
“bawa apaan sih, elu? Ganggu aja..” ketus Dodos pada siswa yang ngos-ngosan itu.
“Sori, Kak, gue tadi dikasih anak SMATIPERPAT…”
“Elu kelas sepuluh?”
“Iya, Kak..”
“Kelas sepuluh berapa?”
“sepuluh empat, Kak, emang kenapa?”
“Lu temen sekelasnya Karina?”
Siswa itu mengangguk heran.
“Sampein ke Karina kalo A’a Dodos nitip salam termanis buat dia…”
“Huuuuuu…”
Temen-temenya pada noyor jidat Dodos.
“Iya, Kak, nanti saya sampaikan..” sahut siswa tadi lalu pergi sambil mikir heran, ternyata di sekolahnya ada komodo yang naksir temen sekelasnya.
“Buruan baca, Dos!!”
“Elu aja!!” Dodos menyuruh Ardie.
“Gue ogah, lagi males baca..” Ardie menyerahkan pada Kasim.
“Gue lagi sariawan..” Kasim menolak dan menyerahkan pada Seto.
“Gue lagi sakit gigi..”
“Gue radang tenggorokan!!”
“Gue lagi ambeien..” (mulai gak nyambung..)
Akhirnya surat tersebut kembali berhenti di tangan Dodos, “Gue udah kelamaan jomblo..”
Pakkkkkk!!!!
Dodos mengusap-usap palanya yang habis kena jitak teman-temannya. “Kok huruf “E” di suratnya pake huruf kapital?”
“Emang siapa yang nulis?”
Dodos memeriksa nama pengirim di pojok bawah surat, “Ivan, SMATIPERPAT!!”
“Wah, anak Batak itu, dia ketua OSISnya, baca aja pake logat Batak..”
Dodos garuk-garuk kepala.
“Assalamu’alaikum wr wb….”
“Waalaikum salam wr. wb. ….” Sahut teman-teman Dodos koor.
“Saudara-saudaraku yang bErbahagia. sEmoga sEmuanya dalam kondisi yang aman sEjahtEra. dEngan sampainya surat ini kE tangan saudara yaitu siswa SMATAMATA, maka pErkEnankanlah kami dEngan hormat untuk kiranya mEngajak saudara-saudara siswa SMATAMATA untuk mEngadakan kEgiatan yaitu tawuran. Hal ini dikarEnakan ada salah satu siswa dari SMATAMATA yang dEngan khidmat mEncium siswi sekolah tanpa pErsEtujuan kami dan yang dicium sEbanyak tiga kali bErturut-turut. Dan hal itu tEntu saja tElah mEncEdErai kEsucian sEorang pErEmpuan apalagi hal tErsEbut dilakukan tanpa mEngajak kEtua OSIS tempat siswi itu bErnaung dan kroni-kroninya untuk mElakukan cium massal. Dan atas pErsEtujuan sang siswi yang bErsangkutan kami mEngajak saudara sEkalian untuk bErtawuran pada bEsok hari di rumah Puyan, Eh, maksudnya di tEmpat yang akan kami konfirmasikan kEmudian mElalui SMS atau Short MEssagEs SErvicEs, sEpErti yang kita tau bahwa kEmajuan dunia komunikasi dan informasi tElah bErkEmbang dEngan pEsat, maka kita sEbagai gEnErasi muda harus mElEk tErhadap kEmajuan tErsebut, agar kita sEtidaknya bisa mEnyamai nEgara-nEgara maju lainnya, sEbagaimana komitmen kita sEbagai pEnErus bangsa yang…Eh,sori, saya tErbawa suasana waktu kampanye kEtua OSIS dulu, sampai mana saya tadi?...oh,iya, pokoknya kami tElah mEngundang saudara dalam kEgiatan di atas. Mohon kEhadirannya tEpat waktu, turut mEngundang, Ketua OSIS SMATI…Eh, tak jadi, kEpala saya sudah kEburu digampar Puyan, katanya pEmborosan kata-kata…
sEbElumnya kami atas nama siswa siswi SMATIPERPAT mengucapkan sElamat mEnunaikan ibadah puasa yang akan tiba bEbErapa hari lagi, sEmoga dEngan adanya kEgiatan tawuran ini bisa mEnjalin ikatan pErsaudaraan di antara SMA kita, yang mungkin dilanjutkan dEngan buka puasa bErsama, sahur bErsama, taraweh bErsama, atau mEnyalakan pEtasan bErsama nantinya. sEkian dari kami, salah khilaf mohon maaf, atas pErhatiannya kami ucapkan tErima kasih. Wassalamu’alaikum wr. wb… atas nama siswa-siswi SMATIPERPAT, Ivan…”
“Waalaikum salam wr wb..” jawab anak-anak SMATAMATA dengan ikhlas.
“Gue heran, kok surat tantangan kayak undangan mau kerja bakti?” komentar Ardie.
“Itu, gak penting..” cetus Dodos. “yang penting, kita mesti pertahankan kehormatan SMA kita…”
“Tapi ngomong-ngomong, siapa yang nyium tu siswi SMATIPERPAT sampe tiga kali?”
Semuanya pada diem. Dodos cengengesan. Semuanya memandangi Dodos sangar.
“Cuman ucapan salam kenal…”
“TEMAN-TEMAN!! SEBELUM KITA MENGHAJAR PARA SISWA SMATIPERPAT ITU, MARI KITA HAJAR DULUAN SANG KREATOR!!!HAJAAAAARRRRR!!!!”
Kalo kamu pengen ngebayangin visualisasinya, bayangin aja anak-anak kucing lagi guling-guling.

BERSAMBUNG….

***
Waduh,sori,friends, lama banget baru posting, soalnya baru bisa ngisi pulza modem,wkwkwkwkwk..
Padahal ramadhan udah mau kelar aja ya..
Gpp, dari pada gak sama sekali,mendingan sama sekali gak dari pada, bener gak? (apa coba..)
Pokoknya simak terus serial ini, ya…
Insya Allah bakal dibukukan, kalo ada penerbit yang berminat, hehehehehe..
Kalo gak ada, ntar Dhika bukukan sendiri di buku gambar..
Udah dulu, ya..
Kebelet nih..
Part 4 nya nyusul..
Caw…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar